Menjaga Ginjal Senantiasa Sehat

Posted in By kesehatan 0 komentar

TUBUH yang sehat menjadi idaman semua orang. Dengan tubuh yang sehat, semua aktivitas dapat dijalankan dengan baik. Untuk memenuhi tujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Sun Hope membuka wawasan kepada semua pihak mengenai kesehatan ginjal dan cara penanganannya bila salah satu organ dalam ini bermasalah.

"Memelihara kesehatan sebelum munculnya gangguan ginjal layaknya patut dilakukan. Caranya, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, serta menerapkan gaya hidup sehat dapat mencegah tercetusnya penyakit ginjal. Makanya penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh," kata pakar ginjal dan aktivis peduli Ginjal, dr Eric Tapan SpPD, MHA dalam acara seminar "Ginjal Sehat Untuk Masa Depan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Minggu (30/3/2008).

Dalam acara yang dihadiri oleh David Chalik sebagai bintang tamu itu, dokter berkacamata ini memberi pemahaman mengenai ginjal serta penyakit-penyakit ginjal dan gejala-gejalanya. Penjelasan yang terpapar dengan lugas itu dibarengi dengan pemberian tips menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit ini.

Mengenai hal itu, pendiri dan juga pengurus Indonesia Kidney Care Club (IKCC) ini mengungkapkan bahwa orang tidak terlalu aware dengan ginjal.

"Banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan kesehatan ginjalnya, tahu-tahu divonis harus melakukan cuci darah. Pada keadaan itu, barulah -baik penderita maupun keluarga- sibuk mencari-cari informasi mengenai penyakit ini dan berusaha setengah mati untuk tidak melakukan cuci darah tersebut. Padahal kalau sudah divonis cuci darah, maka tidak ada tindakan lain," kata dokter yang juga penulis di salah satu blog kesehatan itu.

Menurutnya, penyakit ginjal tidak terdeteksi, tiba-tiba ketika seseorang mengidap penyakit tersebut dan mengalami gejalanya maka berada pada tingkat pertengahan hingga kronis.

"Ginjal itu harus dijaga baik-baik. Karena, itu suatu penyakit yang tidak ada gejalanya, sehingga kalau sudah bermasalah maka langsung terkena serangan hebat," jelas almamater Universitas Sam Ratulangi itu.

Padahal, lanjut Erik, fungsi ginjal bertugas menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin. Ginjal juga berfungsi mengatur tekanan darah. Gangguan pada ginjal dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Bahkan, fungsi ginjal lainnya dapat mengeluarkan hormon untuk menunjang pembentukan sel darah merah dan menetralkan sifat asam makanan yang dikonsumsi manusia. Bila ginjal terganggu, maka fungsi seluruh organ tubuh akan terganggu.

"Supaya ginjal tetap sehat, maka idealnya setiap orang minum air putih dua liter per hari, olahraga teratur, dan jangan merokok," imbuhnya.

Tak hanya menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian Anda. Untuk membantu proses detoksifikasi pada ginjal terutama pada kontaminasi logam berat, Sun Hope SpirulinaPlus merupakan pilihan tepat. SpirulinaPlus membantu mengatur keseimbangan asam-basa tubuh yang menjadi salah satu komponen penting dalam proses detoksifikasi.

SpirulinaPlus akan menetralkan asam yang dihasilkan oleh konsumsi daging, gula, soft drink, dan makanan awetan berlebihan, olahraga dan stres, polusi lingkungan, bahan kimia obat, alkohol, kopi dan rokok.

Menurut Fatimah Syarief AMG StiP, penyakit ginjal terdiri dari beberapa tipe berdasarkan jenis gangguan ginjal yang ada. Mulai dari gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, penyakit ginjal tahap akhir (gagal ginjal terminal), sindroma nefrotik dan batu ginjal.

"Mengingat fungsi ginjal telah terganggu, penatalaksanaan diet difokuskan pada pengaturan dan pengendalian asupan energi, protein, cairan, dan elektrolit," terangnya kepada okezone.

Pada kondisi ginjal akut dan kronis, maka perlu suplemen tambahan untuk menambah kadar hemoglobin darah (HB) yang menurun. Suplementasi multivitamin Mega Formula satu soft gel dari Sun Hope SpirulinaPlus perlu dikonsumsi per hari. Sertakan Deep Sea, suplemen omega 3 dengan EPA 300 mg dan DHA 200 mg, satu soft gel setiap harinya.

Haemodialisa diperlukan bagi pasien yang mengalami penurunan fungsi ginjal tahap akhir, di mana ginjal sudah tak lagi memiliki kemampuan mengeluarkan produk sisa metabolisme dan mempertahankan keseimbangan cairan elektrolit dan kadar ureum darah sebagai tanda terjadinya keracunan urea meningkat hingga lebih dari 150 mg persen.

"Saat pasien menjalani dialisa, hendaknya diberikan asupan protein yang tinggi untuk mempertahankan keseimbangan nitrogen dan menggantikan asam amino yang hilang selama dialisis. Nah untuk memberi asupan protein tersebut, Sun Hope Power Mix, susu bubuk kolostrum yang memiliki kandungan protein dengan nilai biologis tinggi dapat dikonsumsi dengan SpirulinaPlus dua kaplet yang mengandung asam amino essensial dan fitonutrien," imbuhnya.

Ditambahkan Fatimah, setiap produk dari suplemen ini terbuat dari bahan alami yang terdiri dari suplemen klorofil (nabati). Juga mengandung omega 3 dari minyak ikan salmon Alaska. Bahkan untuk suplemen Power Mix berasal dari susu kalostrum yang dihasilkan sapi.

Suplemen yang dapat diperoleh dengan kisaran harga Rp80 ribu-Rp720 ribu ini aman dikonsumsi oleh semua usia. Mulai dari bayi sampai orang dewasa. Meski demikian, pada penderita yang mengidap penyakit lain seperti jantung, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.
http://lifestyle.okezone.com/read/2008/03/31/27/96327/27/function.parse-url